Mengenai Saya

Foto saya
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia
cantik, luwes, baik hati, and up to date

Minggu, 21 April 2013

Orang Jujur Memiliki Banyak Teman



 
            Manusia adalah makhluk “Zoon Politicon”, begitu kata filsuf terkenal Aristoteles. Artinya, manusia memiliki peran ganda yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia akan bergaul dengan banyak orang dalam lingkungan masyarakat tertentu yang memiliki aturan-aturan dan norma yang menyertainya. Ralph Linton dalam Tasmuji, dkk (2012) juga menyatakan bahwa masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah hidup dan bekerja sama cukup lama sehingga mereka dapat mengatur diri mereka dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas yang dirumuskan dengan jelas. Oleh karena itu, manusia harus bisa menjalin hubungan baik dengan teman, orang tua, dan masyarakat sekitar. Untuk menjaga hubungan tersebut diperlukan adanya komunikasi yang baik agar hubungan tetap baik dan harmonis. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menjaga komunikasi tetap lancar, sering bersilaturrahim, serta menghormati privasi dan hak-hak orang lain. Rentang waktu dalam menjalani hubungan pertemanan juga turut mempengaruhi kualitas suatu hubungan. Artinya, semakin lama menjalani hubungan persahabatan maka semakin erat pula kedekatan yang terjalin sehingga banyak sekali orang yang bersahabat dekat disebabkan lamanya mereka berteman.
            Menjalani interaksi sosial dalam masyarakat diperlukan sikap dan suatu hal pokok yaitu “KEJUJURAN. Dalam hal ini, manusia harus berkata dan bersikap dengan jujur. Jika seseorang berbohong kepada orang lain maka orang tersebut akan sulit memercayainya lagi atau bahkan tidak mau berteman dengannya lagi. Berlaku jujur tidak hanya dilakukan kepada teman saja. Melainkan kepada semua orang, baik saudara, guru, teman kerja, tetangga, terlebih kepada orang tua. Oleh karena itu, essensi dari sikap kejujuran banyak memberikan manfaat bagi manusia dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Seseorang yang berbuat jujur akan dikenal sebagai pribadi yang dihormati dan akan memperoleh banyak teman. Dipercaya banyak orang juga akan membuat seseorang mudah untuk mengerjakan aktifitas sehari-hari karena orang tersebut akan gampang mendapatkan bantuan dari orang lain. Selain itu, dampak dari kejujuran tentunya akan disukai banyak orang. Disitulah arti penting sebuah kejujuran.
            Manusia pasti membutuhkan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari. Tidak mungkin manusia menjalani hidupnya sendirian. Manusia tetap membutuhkan orang lain meskipun secara materi sudah dikatakan mampu menghidupi dan mengurusi dirinya sendiri. Akan tetapi, mereka juga membutuhkan orang lain, seperti; membutuhkan bantuan, pertolongan, kerja sama, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, manusia harus tetap menjaga hubungan yang telah terjalin baik dengan keluarga, teman, dan masyarakat dengan berkata dan bersikap juju sehingga, manusia tidak akan kehilangan teman atau keluarga yang dicintai.

3 komentar:

  1. Balasan
    1. hehee.... keliatan kok..
      bukanya dr mna? kalo dari hape kurang jelas

      Hapus
  2. iya mbag,,tapi lbih keliatan orangnya tuh,,,hehehe,,

    BalasHapus